Browse By

Angka Kenaikan Harga Apartemen di Jakarta

Ilustrasi Apartemen Di Jakarta

Kondisi persediaan lahan di Jakarta kian menipis. Permintaan dan kebutuhan akan lahan perumahan terus meningkat sedangkan lahan terbatas menjadikan harga terus mengalami kenaikan. Kondisi ini juga menjadikan pasar properti residensial jenis kondominium (apartemen) di Jakarta terus mengalami peningkatan.

Jones Lang LaSalle, sebagai sebuah Konsultan Properti, memberikan gambaran umum mengenai kenaikan harga apartemen jenis kondominium.

4600desainrumah

Anton Sitorus yang berlaku sebagai Kepala Riset Jones Lang LaSalle, menjelaskan bahwa apartemen dengan segmen middle-low (menengah ke bawah) mengalami peningkatan harga yang paling kecil dibandingkan dengan apartemen dengan segmen pasar lainnya.

Berdasarkan pernyataannya, Rabu, 10 Juli 2013, Anton juga menjelaskan bahwa pada tahun 2007 lalu, harga apartemen middle-low senilai Rp 5 juta-an per meter perseginya. Saat ini, harganya sudah naik menjadi Rp 11 juta-an per meter perseginya.

Untuk apartemen dengan segmen menengah (middle), pada tahun 2007 senilai Rp 9 juta-an per meter persegi dan saat ini sudah naik menjadi Rp 20 juta-an per meter persegi. Kemudian untuk apartemen middle-up (menengah ke atas) dari Rp 15 juta-an naik jadi Rp 30 juta-an per meter persegi. Serta pada apartemen segmen high end (paling atas), pada tahun 2007 senilai Rp 17,5 juta-an naik menjadi Rp 35 juta-an per meter perseginya.

Anton juga menjelaskan bahwa pada apartemen kelas high end mengalami peningkatan lebih dari 100%. Namun kenaikan tersebut bukan over value, karena dibandingkan dengan Hong Kong dan Singapura, harga properti high end di Jakarta masih tergolong rendah.

Dirinya juga menambahkan bahwa para konsumen apartemen high end lebih berpikir secara global dan lebih mengutamakan produk dengan merk internasional . Dilihat dari sisi harga, di Jakarta jauh lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares