Browse By

Aturan DP Rumah yang Baru Bisa Tekan Harga Jual Properti

Ilustrasi Syarat DP KPR
Aturan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau LTV (Loan to Value) akan diperketat oleh Bank Indonesia. Sebelumnya, penetapan LTV sebesar 70% dengan DP 30% untuk rumah di atas tipe 70. Namun, saat ini Bank Indonesia mengusulkan besaran LTV untuk KPR rumah kedua sebesar 60% (kenaikan sebesar 40%) dan untuk rumah ketiga 50%.

Bank Indonesia memperketat aturan KPR, dilandasi kekhawatiran terjadinya bubble karena saat ini sedang terjadi booming dan kenaikan harga yang ekstrim untuk sektor properti. Indonesia Property Watch (IPW), menilai bahwa kebijakan dari Bank Indonesia ini dianggap agak terlambat, sebab di beberapa lokasi harga properti sudah over value dan aksi spekulasi juga sudah mulai melambat.

4600desainrumah

Informasi yang dikutip dari situs resmi IPW, Senin, 15 Juli 2013, Ali Tranghanda, selaku Direktur Eksekutif IPW , menyatakan bahwa diperkirakan hal ini akan meredam aksi spekulasi properti, sehingga harga tidak akan naik terlalu tinggi lagi.

Dirinya juga menambahkan bahwa kebijakan perihal DP Rumah ini diyakini belum dapat meredam naiknya harga sepenuhnya untuk properti yang akan dikembangkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk mengontrol harga tanah MBR, Ali menyarankan pemerintah membentuk kebijakan yang terintegrasi dengan cara membentuk bank tanah (land bank). (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares