Browse By

Cara Membuat Aquascape Sederhana dengan Modal Terjangkau

Proses Pembuatan Aquascape Sederhana (Foto:zonaikan)

Proses Pembuatan Aquascape Sederhana (Foto:zonaikan)

Aquascape adalah sebuah akuarium yang didesain sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan yang menarik dan sedap dipandang mata. Beberapa pernak-pernik yang biasa digunakan pada sebuah aquascape yaitu seperti bebatuan, tanah, tanaman, ranting, dan lain sebagainya. Untuk membangun sebuah desain aquascape yang cantik, memerlukan biaya sekitar 500 ribu hingga jutaan rupiah bahkan ada yang mencapai puluhan juta. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini akan dibahas bagaimana cara membangun sebuah aquacape (tanpa ikan) seharga Rp 100 ribuan. Harga yang terjangkau tentunya. Anda dapat membuat aquascape sederhana namun memiliki tampilan yang tidak kalah dengan aquascape mahal.

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang perlu Anda beli. Harga yang tercantum di bawah adalah harga pasaran untuk beberapa aksesoris aquascape. Perlu diketahui, bahwa setiap tempat penjual aksesoris aquascape memiliki harga jual yang cukup variatif, maka Anda harus cermat saat membelinya.

4600desainrumah
  1. Aquarium ukuran 30 x 15 x 15 cm (Rp 10.000).
  2. 5 batang tumbuhan air (Rp 10.000).
  3. 1 petak rumput air (Rp 20.000).
  4. Lumut (Rp 5.000).
  5. Kayu (Rp 5.000).
  6. Bebatuan karang/kerikil (Rp 5.000).
  7. Pasir hitam (Rp 7.000/2 kg).
  8. Pasir mutiara/batuan hias (Rp 10.000).
  9. Garam ikan (Rp 3.000).
  10. Aerator (Rp 15.000).
  11. Filter (Rp 35.000)

Setelah semua perlengkapan di atas siap, maka saatnya berkreasi dengan susunan aquascape sesuai selera. Berikut adalah susunan aquascape secara umum (dari susunan paling bawah). Pasir hitam sebagai pengganti tanah, kemudian tanamkan beberapa tumbuhan air dan rumput air. Lumut berfungsi sebagai pelapis kayu yang berfungsi sebagai dekorasi tambahan. Untuk mempercantik tampilan, letakan juga batu karang di dekat tumbuhan air. Dengan batu karang, dapat memperkuat kesan panorama dalam laut. Kemudian taburkan pasir mutiara sebagai lapisan kedua dari pasir hitam. Setelah semua tertata rapi sesuai yang Anda inginkan, saatn memasukkan air ke dalam akuarium. Perlu diingat, saat mengisi air harus dilakukan secara perlahan agar dekorasi aquascape tidak rusak. Lalu masukan garam sebanyak 2 sdt. Dengan begitu aquascape sederhana Anda sudah siap, dan terakhir tinggal masukan ikan yang sesuai dengan dekorasi. (chy)

Facebook Comments

2 thoughts on “Cara Membuat Aquascape Sederhana dengan Modal Terjangkau”

  1. adat sudrajat says:

    beli tumbuhan airnya ga ada yg jual mss, saya di banten

  2. Martin Muhammad Al Hilal says:

    Coba googling di yahoo gan, ketik yahoo di google, terus klik, terus cari di google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares