Browse By

Hikmah Aturan DP Rumah Ke-2 dan Ke-3

Gambar Ilustrasi DP Rumah

Gambar Ilustrasi DP Rumah

Bank Indonesia (BI) telah memastikan akan merilis beberapa peraturan baru berkaitan dengan loan to value (LTV). Bank Indonesia akan merilisnya pada bulan September 2013 mendatang. Dari aturan baru itu, diperkirakan akan mempengaruhi beberapa peraturan mengenai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang berlaku sekarang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bank Tabungan Negara atau BTN telah menyatakan beberapa peraturan baru mengenai LTV yang nantinya akan memberikan sebuah nilai positif kepada BTN. Hal tersebut akan berjalan lancar, meskipun portofolio BTN senilai 98 % dari sektor KPR rumah pertama.

4600desainrumah

Selasa, 23 Juli 2013, Maryono, selaku Direktur Utama BTN , meyatakan bahwa Perihal DP Rumah tersebut akan memberikan hikmah positif apabila nantinya harga stabil, kelas menegah ke atas akan mudah dalam mendapatkan pinjaman kredit KPR BTN.

Dirinya juga menambahkan bahwa penerapan aturan baru mengenai LTV dapat membuat harga properti menjadi stabil. Aturan inipun tidak akan menggangu ataupun mempengaruhi kepemilikan rumah sebelumnya, karena LTV hanya ditujukan kepada kepemilikan rumah kedua, ketiga, keempat dan selanjutnya.

Oleh karena itu, penerapan aturan LTV yang baru pada bulan September mendatang dinilai tidak memberikan sebuah dampak yang signifikan terhadap BTN, bahkan akan memberikan dampak positif untuk pihak BTN.

Saham berbasis properti diproyeksi akan mengalami sebuah tekanan. Hal tersebut berjalan seiring dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam menyempurnakan aturan loan to value ratio (LTV).

Bank Indonesia akan berupaya memperketat aturan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maupun LTV. Walaupun sebelumnya, BI telah menetapkan LTV dalam sektor properti, dengan cara mewajibkan debitur membayar uang muka atau down payment minimal 30 % dari total harga rumah.

Dalam aturan baru telah ditetapkan untuk rumah pertama bertipe di atas 70 meter persegi, para pengambil KPR diwajibkan dengan membayar DP sebesar 30 % terlebih dahulu. Rumah kedua, akan membayar dengan DP sebesar 40%. Sedangkan untuk rumah ketiga, diwajibkan membayar DP sebesar 50 %. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares