Browse By

Ibukota Negara Indonesia yang Baru Jangan Jauh-jauh Dari jakarta

Djoko kirmanto (Foto:tempo)

Djoko kirmanto (Foto:tempo)

Djoko kirmanto, selaku Menteri Pekerjaan Umum, mengatakan bahwa jika rencana pemindahan ibukota negara Indonesia benar terealisasi, sebaiknya kota yang akan menjadi ibukota baru itu lokasinya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat juga dengan Jakarta. Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya konurbasi (pembauran) dua lokasi menjadi satu.

Kamis, 12 September 2013, dalam situs resmi Kemenpera, Djoko menjelaskan bahwa konurbasi yaitu seperti saat ini yang terjadi antara Jakarta dan Depok yang bersatu. Dahulu Depok dan jakarta adalah daerah yang terpisah, namun saat ini sudah tidak seperti itu.

4600desainrumah

Dirinya juga mengatakan sebaiknya yang dipindah hanya pusat pemerintahannya saja. Untuk fungsi-fungsi lain seperti pusat perdagangan dan perekonomian masih tetap di Jakarta. Djoko mencontohkan beberapa negara yang berhasil memindah pusat pemerintahannya yaitu seperti Australia dan Malaysia.

Untuk aspek konektivitas dan aksesibilitas, sebaiknya jarak antara Jakarta dengan ibukota yang baru dapat terhubung melalui sarana jalan tol ataupun dengan sarana kereta api. Dengan terpusatnya kegiatan pemerintahan di tempat yang baru, Djoko berharap dapat meningkatkan kinerja birokrasi Indonesia.

Djoko kembali mengatakan dengan begitu maka para Menteri dan para pegawai negeri akan terfokus di kota pemerintahan. Sehingga, kinerja PNS akan semakin fokus dan tidak perlu direpotkan dengan permasalahan kemacetan yang saat ini terjadi di Jakarta.(chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares