Browse By

Ingin Investasi Properti? Tengok 3 Kota Ini yang Memiliki Potensi

Investasi Properti (Foto:blog.rumah)

Investasi Properti (Foto:blog.rumah)

Bukan tanpa alasan jika Kota Edinburgh, Skotlandia banyak dipilih oleh para pebisnis untuk dijadikan lahan investasi properti. Jarak yang dekat dengan Glasgow, Inggris, hanya sekitar 40 kilometer menjadikan kota kecil di Skotlandia ini terkenal.

Informasi yang dilansir dari CNBC, Sabtu, 19 Oktober 2013, bahwa benar hal tersebut adanya yang disampaikan oleh IP Global yang merupakan sebuah perusahaan investasi properti. Pasar properti di seluruh kawasan Inggris mengalami kenaikan seperti di London. Kenaikan harga rumah di Inggris yaitu sebesar 0,5 % per tahunnya pada bulan September.

4600desainrumah

Dalam laporan bulan September dari Rettie & Co yang merupakan sebuah perusahaan properti di Skotlandia, mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir harga perumahan di Kota Edinburg relatif datar. Namun sebaliknya, dalam empat tahun terakhir dilaporakan bahwa harga sewa rumah meningkat secara konsisten. Bahkan harga sewa di beberapa daerah dalam dua tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 10 sampai 18 %.

IP Global juga mengatakan bahwa Tokyo juga memiliki potensi yang sangat baik bagi para investor properti. Hal tersebut dikarenakan harga properti di tokyo masih di bawah harga pasaran dan mata uang yen juga sedang melemah. Sementara itu, diproyeksikan dalam 3 tahun kedepan bahwa hasil sewa meningkat secara signifikan sehingga memberikan harapan untuk berkembangnya pasar properti di kawasan tersebut.

Berdasarkan data resmi yang didapat dari pemerintah Jepang, bahwa harga rumah di Tokyo pada bulan Agustus meningkat sekitar 8,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan perusahaan konstruksi jumlahnya juga bertambah sekitar 21,4% per tahun.

Alex Bellingham selaku Chief Officer IP Global Singapura, mengatakan bahwa Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2020 nanti. Sehubungan dengan hal itu, harga properti di Tokyo beberapa tahun kedepan diprediksikan akan naik.

Selain Tokyo yang bagus untuk investasi properti, juga terdapat sebuah pasar properti yang sangat terkenal di kalangan para investor properti yaitu Dubai yang terkenal setelah sebelumnya mengalami bubble pada tahun 2008-2009. Bellingham menjelaskan bahwa dengan meningkatnya pasar properti di kawasan tersebut membuat para pengembang pemerintah dan swasta telah banyak mengeluarkan miliaran dollar untuk beberapa proyek baru. Meskipun begitu, diharapkan agar para investor tetap berhati-hati dan bahkan pemerintah Dubai sendiri masih mengkhawatirkan seberapa baik pasar properti disana. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares