Browse By

Inovasi Pembangunan Hunian di Atas Turbin Angin

Hunian di Turbin Angin (Photo: Inhabitat)

Hunian di Turbin Angin (Photo: Inhabitat)

Inovasi selalu dilakukan untuk mewujudkan hunian yang berkonsep unik dan tidak biasa. Seperti yang dikembangkan desainer arsitektur Morphocode dai Italia. Pihaknya saat ini sedang mempertimbangkan pembangunan hunian yang dibangun di atas turbin yang berdiri di atas laut, yang biasa disebut dengan Wind Turbine Loft.

Konsep ini ditujukan untuk turbin angin yang berada di lepas pantai. Konsep hunian ini diharapkan bisa menjadi sebuah akomodasi hunian teknisi saat melakukan beberapa service turbin. Walaupun dipastikan sangat sulit mendapatkan akses pembangunannya, tetapi Wind Turbine Loft diharapkan bisa menjadi kantor rumah yang sempurna.

4600desainrumah

Ditulis di dalam proposalnya, Morphocode membeberkan bahwa hunian ini akan dipasang di dalam bidang datar dari bagian turbin angin. Sehingga, para teknisi nantinya dapat memonitor serta mendiagnosa segala sistem yang berkaitan dengan turbin agar dapat menjaga turbin dapat hidup dalam waktu yang lama.

Proyek ini dibuat berdasarkan gagasan yang menggunakan konsep ruang domestik yang diperlukan dalam dunia industri. Konsep hunian ini mengikuti ideologi tradisional dari pergerakan loteng, yaitu memiliki konsep mendaur ulang sebuah ruang komersial yang terbengkalai menjadi space unit hunian.

Hunian turbin angin raksasa dipastikan harus mengubah ulang konsep, yakni mengubah ruang loteng yang sederhana menjadi sebuah satu titik statis dalam lanskap yang bergerak, sehingga memberikan sebuah pemandangan yang sangat menarik tetapi juga menghadirkan kesan ekstrim. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares