Browse By

Jalan Setapak Di Taman Rumah Hindari Timbulnya Jejak Kotor

Jalan Setapak Taman Rumah (foto:image.google)

Jalan Setapak Taman Rumah (foto:image.google)

Di Indonesia saat ini sedang memasuki musim penghujan. Selain banjir, permasalahan yang ditimbulkan akibat tingginya curah hujan yang hampir setiap hari membasahi jalan ternyata juga berdampak sampai ke dalam rumah. Jalanan dan halaman rumah yang becek, kotor, atau berlumpur dapat membawa pengaruh yang cukup serius terhadap kebersihan rumah.

Bagaimana caranya? Ya, karena ketika Anda berada diluar dalam kondisi jalan yang becek kemudian masuk ke dalam rumah tentu akan meninggalkan jejak basah yang kotor ke dalam rumah. Tapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena ada solusi yang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu cukup dengan membuat jalan setapak. Dengan cara ini setidaknya dapat mengurangi kotoran yang harus terbawa ke dalam rumah saat terjadi hujan.

4600desainrumah

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat jalan setapak di taman rumah. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar hasil yang didapatkan maksimal:

  1. Buatlah pola sirkulasi sesuai dengan kebutuhan aktivitas di taman. Selaraskan pola penaataan baik secara geometris maupun natural dengan garis eksterior rumah.
  2. Buat akses lebar jalan sekitar 40-60 cm dan pastikan bahwa jalur jalan setapak melalui sudut taman.
  3. Material yang digunakan untuk jalan setapak harus yang tahan terhadap kondisi luar ruangan. Seperti batu alam yang tahan terhadap cuaca hujan maupun panas terik.
  4. Jalan setapak tidak selalu ahrus membosankan. Anda dapat mendesainnya dengan bentuk yang menarik dan ditambahkan dengan objek-objek menarik seperti semak pendek di sekitar pijakan.
  5. Jika jalur menuju rumah cukup panjang, Anda bisa mengaplikasikan dua desain sekaligus untuk jalan setapak tersebut. Tetapi dalam catatan kedua desain tersebut harus harmonis dan tidak berbenturan karena dapat membuat tampilan rumah dari luar menjadi kurang menarik.
  6. Sebagai sumber pencahayaan, ada baiknya jika Anda memberikan beberapa lampu taman di sisi jalan setapak. Hal tersebut dapat berfungsi ketika malam hari agar pijakan dapat terlihat.(chy)
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares