Browse By

Kawasan Lanskap Budaya Bali Perlu Dimasukan Dalam RTRWN

Salah Satu Lanskap Budaya Bali (Photo: okezone.com)

Salah Satu Lanskap Budaya Bali (Photo: okezone.com)

Salah satu aset nasional yang juga sebagai aset internasional adalah Kawasan Lanskap Budaya Provinsi Bali. Kawasan tersebut harus tetap dijaga kelestariannya. Untuk menjaga kelestariannya, beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penataan ruang melalui pemanfaatan ruang, pengendalian pemanfaatan ruang, dan juga perencanaan ruang.

Iman Soedraja, selaku Direktur Penataan Ruang Wilayah Nasional Kementerian Pekerjaan Umum, mengatakan bahwa Kawasan Lanskap Budaya Provinsi Bali, secara eksplisit belum ditetapkan sebagai sebuah Kawasan Strategis Nasional dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional maupun Provinsi Bali. Tetapi, secara implisit kawasan tersebut sudah mendapatkan perhatian dengan adanya penetapan Kawasan Lindung Nasional Cagar Alam Batukahu dan di dalam RTRW Provinsi Bali juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Provinsi yang berbasis Sosial Budaya dan Perlindungan Tukad.

4600desainrumah

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs resmi Kementrian Pekerjaan Umum, Sabtu, 13 Juli 2013, Iman menyatakan bahwa kawasan budaya tersebut harus segera diusulkan untuk ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional dalam RTRW Nasional.

DirJen Penataan Ruang Kementerian PU telah berkomitmen untuk memberi perhatian khusus terhadap warisan dunia tersebut melalui penataan ruang dan juga pengembangan infrastruktur kawasan. Ditegaskan oleh Iman Soedraja bahwa UU No. 26 tahun 2007 mengamanatkan pengaturan dan juga penetapan Kawasan Strategis Nasional, yaitu pada wilayah yang tata ruangnya diprioritaskan karena memiliki pengaruh yang sangat penting secara nasional.

Diah Harianti, selaku Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, dalam kesempatan yang sama juga berharap penataan ruang tersebut dapat mewujudkan sinergitas kepentingan antarsektor sekaligus dapat mewadahi kepentingan stakeholder.

Diah juga menjelaskan bahwa saat ini, isu yang bermunculan mengenai kawasan budaya ini haruslah menjadi perhatian dari seluruh sektor yang terkait, bukan hanya didominasi oleh satu sektor saja. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares