Browse By

Masak Sehat Dengan Dapur Yang Bersih

Dapur Bersih (foto:anne ahira)

Dapur Bersih (foto:anne ahira)

Salah satu bagian terpenting di dalam rumah, misalnya dapur. Karena, pada dasarnya dapur harus senantiasa bersih sehingga bebas dari bakteri agar tidak berkembang biak semakin banyak. Namun, dapur akan dengan mudah menjadi kotor meskipun tidak Anda sering Anda gunakan.

Untuk menghindari berbagai penyakit, hal yang paling utama yaitu dengan menjaga kebersihan, khususnya pada bagian dapur Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dapur selalu tampak bersih dan rapi. Berikut beberapa cara untuk menjaga kebersihan dapur kesayangan Anda.

4600desainrumah

1. Bersihkan peralatan dapur dengan segera
Saat memasak tentu Anda menggunakan berbagai macam peralatan, misalnya piring ataupun peralatan dapur lainnya. Agar dapur Anda tampak bersih dan rapi, baiknya segera bersihkan peralatan dapur usai Anda gunakan setelah memasak. Selain bersih dan rapi, cara ini tentu akan meringankan Anda dalam membersihkan dapur.

Pasalnya, dapur merupakan salah satu bagian yang mudah terkontaminasi dengan kuman. Selain dari kotoran, kuman juga akan timbul yang diakibatkan oleh genangan air yang ada di dapur.

2. Buanglah sisa makanan
Terkadang Anda terlalu menyepelekan dengan sisa makanan yang ada di dapur. Cara ini tentu kurang baik untuk kesehatan dapur Anda. Karena, sisa makanan yang ada pada dapur akan menyebabkan kuman berkembangbiak pada dapur Anda. Oleh sebab itu, baiknya mulai saat ini Anda harus lebih memperhatikan masalah sepele seperti memperhatikan sisa makanan yang ada pada dapur Anda, baik itu sayuran maupun daging.

Dengan begitu, dapur akan terhindar dari berkembangbiaknya kuman dan makanan Andapun akan jauh lebih sehat saat usai di masak.

3. Rak dapur
Tempat yang satu ini juga seringkali dilupakan oleh sebagian orang. Karena, tempat ini tidak menjadi pusat perhatian meskipun memiliki fungsi utama saat Anda memasak.

Perlu Anda tahu, karena Rak dapur memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan berbagai bumbu dapur yang Anda butuhkan saat memasak, maka ada baiknya Anda perhatikan kebersihan pada rak dapur. Selain membersihkannya, Anda juga perlu meperhatikan beberapa bahan dan bumbu yang sudah tidak layak digunakan sehingga dapat mencegah kotoran yang menempel.

4. Pencucian
Tidak ada salahnya jika Anda jadwalnya untuk membersihkan dapur secara menyeluruh. Dimulai dengan alat dapur, seperti panci dll hingga lantai dapur. Cara ini, tentu untuk menghindari bakteri dan kuman yang menempel pada sekitar dapur. Untuk hasil yang maksimal, baiknya lakukan pembersihan dapur selama sebulan sekali.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares