Browse By

New Century Global Milik China Diklaim Sebagai Gedung Terbesar di Dunia

New Century Global Center Chengdu

Di Chengdu, China, terdapat sebuah bangunan gedung raksasa dengan luas mencapai 1,7 juta meter persegi. Gedung raksasa yang diberi nama New Century Global Center itu diresmikan minggu lalu. Panjang gedung ini mencapai setengah kilometer, dengan lebar 400 meter, dan tinggi 100 meter.

Diklaim oleh pihak China bahwa gedung ini adalah gedung terbesar di dunia. Gedung ini memiliki ukuran 3 kali lipat gedung pentagon.

4600desainrumah

Seorang pejabat China menjelaskan bahwa gedung New Century Global ini menjadi sebuah mahakarya hasil buatan arsitek perempuan Zaha Hadid sekaligus menjadi gedung terbesar di dunia. Dalam pengembangan gedung ini, memakan waktu sekitar 3 tahun.

Informasi yang dilansir dari AFP, Jumat, 12 Juli 2013, seorang pemandu wisata di China mengatakan bahwa gedung raksasa tersebut adalah sebuah kota laut yang dibangun oleh manusia.

Terdapat sebuah pusat perbelanjaan dalam New Century Global seluas 400 ribu meter persegi. Satu hal yang tidak kalah menarik bahwa dalam gedung tersebut terdapat sebuah matahari buatan yang mampu memberikan kehangatan 24 jam setiap harinya.

Memang jika dilihat dari keseluruhan luas bangunan, New Century Global dapat diterima sebagai bangunan terbesar di dunia. Namun, apabila dibandingkan dengan gedung raksasa milik Dubai, yang memiliki sebuah pusat perbelanjaan The Dubai Mall yang luasnya mencapai 502 ribu meter persegi dengan lebih dari 1.200 toko di dalamnya, maka bangunan raksasa milik China masih berada di urutan belakang. (chy.Rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares