Browse By

Pemkot Depok Bersihkan Kawasan Kumuh di 3 Kelurahan

Kawasan Kumuh

Kawasan Kumuh

Depok yang juga berperan sebagai kota penyangga Jakarta, ternyata masih terdapat kawasan kumuh di dalamnya. Setiap kecamatan di Depok mencoba mengurangi kawasan-kawasan kumuh melalui program penataan kawasan kumuh dan juga peningkatan infrastruktur perkotaan.

Di tahun 2013 ini, Pemkot Depok telah merehabilitasi 3 kawasan kumuh yang berada di tiga kelurahan, yaitu kelurahan Cimpaeun, Curug, dan juga kelurahan Bojong Pondok Terong.

4600desainrumah

Wijayanto, selaku Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Depok, mengatakan bahwa tiap kelurahan memiliki anggaran sekitar Rp 400 juta. Kawasan kumuh direnovasi melalui peningkatan jalan, yang sebelumnya becek sekarang diubah menjadi con-blok yang disertai dengan sistem drainase.

Jumat, 13 september 2013, dirinya mengatakan bahwa pihaknya meninjau peningkatan kawasan kumuh yang berada di kelurahan Curug, Depok. Pihaknya membangun con-blok jalan di dua RT dan juga melakukan perbaikan rumah yang tidak layak huni.

Awalnya, bangunan yang tidak layak huni tersebut bagian dinding dan atapnya terbuat dari bilik dari bambu. Selain itu, kondisi sanitasi yang buruk juga sangat berpotensi menimbulkan penyakit.

Wijayanto menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan perbaikan sanitasi lingkungan. Dana yang digunakan berasal dari APBD dan sebagian lagi dari APBN. Pihaknya membantu perbaikan daerah – daerah kumuh dan membantu dalam penataannya.

Dirinya juga menambahkan, kegiatan itu merupakan bentuk implementasi dari program pemerintah pusat yang dikerjakan oleh pihak kecamatan. Kegiatan tersebut juga akan dilakukan secara serentak tahun ini. Tiga kawasan kumuh yang direhab secara serentak yaitu di Curug, Bojong Pondok Terong, dan Cimpaeun. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares