Browse By

Pemkot Depok Meminta Mayarakat Mengurus IMB Sendiri Untuk Menghindari Calo

Pemerintah kota Depok

Pemerintah kota Depok

BPMP2T (Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu) Kota Depok, meminta kepada seluruh masyarakat untuk mengurus kepemilikan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sendiri, tanpa harus mengutus pihak ketiga. Tujuannya, yaitu untuk menghindari calo serta dapat mempercepat proses pembuatan IMB.

Sri utomo, selaku Kepala BPMP2T, menyatakan bahwa banyak masyarakat yang menyuruh pihak ketiga untuk mengurus perizinan IMB. Maka dari itu, di depan kantor dibuat papan pengumuman bagi pihak ketiga agar membawa surat kuasa untuk mengurus IMB.

4600desainrumah

Jumat, 2 Agustus 2013, Sri mengatakan bahwa pihak ketiga yang diutus untuk mengurus IMB harap membawa surat kuasa agar tertib administrasi. Jika tanpa surat kuasa, berarti itu adalah calo, dan akan lebih baik jika dalam mengurus IMB dilakukan sendiri karena prosesnya akan lebih cepat.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat angket evaluasi mengenai kinerja Pemkot Depok terkait pengurusan IMB agar masyarakat dapat menilainya melalui angket tersebut. Misalnya, masyarakat menyampaikan keluhan mengenai proses IMB yang lama dan dianggap bertele-tele, akan menjadi bahan evaluasi bagi dirinya. Dan apabila terjadi pungutan juga dirinya dapat mengetahuinya.

Mengenai batas waktu yang ideal dalam pembuatan IMB, targetnya yaitu 21 hari. Tetapi, Sri menyatakan bahwa Pemkot Depok saat ini sedang kekurangan SDM (Sumber Daya Manusia), karena Pemerintah masih memoratorium untuk penambahan PNS.

Sri juga menjelaskan bahwa di perizinan masih kekurangan tenaga, karena tidak boleh terima PNS. Dirinya mencontohkan saat membuat IPR (izin pemanfaatan ruang), yang tidak bisa diperkirakan mengenai gambar denahnya, tenaga hanya empat orang untuk melayani 11 kecamatan.(chy.rj)

Facebook Comments

One thought on “Pemkot Depok Meminta Mayarakat Mengurus IMB Sendiri Untuk Menghindari Calo”

  1. Leila says:

    Selamat siang, maaf saya mau tanya, bagaimana caranya urus IMB di Depok, jika saat saya membeli rumah ternyata blm ada IMB nya. Apakah bermasalah dan berapa besarnya biaya jika rumah yg saya beli seharga 55juta dgn LT dan LB 20 m2. Tolong bantu infonya. Trm ksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares