Browse By

Rumah Dinding Kaca Lebih Hemat Energi

Ternyata semangat “Go Green” juga bisa diterapkan pada rumah Anda lho? Dengan menerapkan sistem ini tentunya akan menghasilkan banyak manfaat dan salah satunya untuk penghematan energi.

Cosmas D Gozali yang merupakan seorang Arsitek Arya Cipta Graha, menjelaskan bahwa dinding rumah bisa menggunakan material kaca. Hal tersebut dikarenakan kondisi geografis di Indonesia yang memiliki intensitas matahari cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Eropa. Gozali juga mengakui bahwa dirinya selalu menerapkan penggunaan material kaca di setiap hasil arsitekturnya untuk rumah di Indonesia.

4600desainrumah
rumah dinding kaca (Foto:rumahhuni)

rumah dinding kaca (Foto:rumahhuni)

Karena pada rumah dinding kaca, maka cahaya matahari dapat menerangi ruangan di dalam rumah secara langsung. Hal ini tentunya dapat meminimalisisr penggunaan lampu dalam ruangan. Dirinya juga menjelaskan bahwa sangat beruntung karena Indonesia termasuk negara tropis yang selalu diterangi sinar matahari.

Meskipun begitu, dalam penggunaan material kaca sebagai dinding ruangan ada baiknya apabila diberi pelapis sebagai filter cahaya. Lapisan tersebut bisa dengan menggunakan tanaman ataupun gordyn. Tanaman yang dimaksud untuk pelapis tersebut bisa dengan menggunakan tanaman rambat. Maka dengan begitu pada saat terkena angin akan menimbulkan bayangan yang membuat atmosfer ruangan menjadi sangat natural.

Memang, dari segi biaya penggunaan bahan kaca ini lebih tinggi dibandingkan dengan batu bata atau batako. Tetapi, apabila dilihat dari segi manfaat maka penggunaan kaca akan memberi dampak baik untuk jangka panjang dan lebih hemat energi. Harga akan disesuaikan tergantung dari ketebalan kaca yang digunakan. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares