Browse By

Rumah Mini ala Jepang Untuk Dua Generasi

Rumah Mini ala Jepang (Foto: interiorholic)

Rumah Mini ala Jepang (Foto: interiorholic)

Seorang arsitek Jepang, Fukuda Hidehiro, berhasil menciptakan sebuah hunian yang dapat ditinggali oleh dua keluarga sekaligus. Lahan seluas 152 meter persegi disulapnya menjadi sebuah hunian yang multifungsi.

Munculnya ide kreatif itu dilatarbelakangi oleh keinginan Fukuda untuk menciptakan sebuah rumah mini yang dapat dihuni oleh dua generasi sekaligus. Jadi, nantinya dirumah tersebut penghuni dapat tinggal bersama anak-anaknya kelak.

4600desainrumah

Untuk bagian langit-langit dan dinding rumah memanfaatkan kertas crane. Sebuah tradisi di Jepang, origame crane dikhususkan bagi orang yang dicintai. Dengan adanya origame crane pada rumah tersebut untuk melambangkan hidup yang bahagia dan panjang.

Pada bagian dinding lain diberi warna putih. Menurut Fukuda, warna tersebut dapat merangsang otak untuk menghasilkan ide-ide segar baru.

Langit-langit juga dihiasi dengan jendela-jendela yang tidak beraturan posisinya. Bagian atap pun tampak bagaikan sayap burung. Jika diamati dari jalan, maka rumah akan menyerupai burung yang sedang lepas landas sesaat dan kemudian hendak terbang jauh. Apabila dilihat dari taman, maka akan menyerupai seekor burung yang bersiap untuk mendarat.

Rumah tersebut dihubungkan oleh sebuah koridor, tetapi tidak menghilangkan fungsi dari kedua rumah tersebut. Koridor tersebut bertujuan untuk menjaga privasi dua keluarga yang tinggal dalam rumah tersebut.

Rumah ini juga dipenuhi garis diagonal, dimana garis diagonal tersebut bertujuan agar suatu saat rumah tersebut dapat diperluas sesuai dengan kebutuhan di masa yang akan datang, mengingat fungsinya yang tidak hanya diperuntukan bagi satu generasi saja. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares