Browse By

Rumah Murah Harganya Malah Naik

Harga rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dikabarkan akan terealisasi pada akhir bulan ini. Tampaknya kenaikan harga rumah murah tersebut bagaikan makan buah simalakama. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Rumah Murah (foto:bumn)

Rumah Murah (foto:bumn)

Kamis, 14 November 2013, Anton R Santoso selaku Ketua DPP Apersi versi Munas Jakarta, mengatakan bahwa posisi para pengembang saat ini memang bagaikan memakan buah simalakama. Satu sisi, masyarakat berpenghasilan rendah membutuhkan rumah murah, tetapi di sisi lain harga rumah naik.

4600desainrumah

Memang, kenaikan harga rumah yang direncanakan sebesar 20% itu belum mencapai keputusan final. Saat ini rencana kenaikan tersebut masih dalam pembahasan pemerintah. Anton mengatakan bahwa terdapat kemungkinan di bulan ini sudah ada keputusannya.

Dirinya juga memiliki pandangan mengenai penyesuaian nilai uang muka atau DP (Down Payment). Anton berpendapat untuk uang muka dapat ditetapkan berdasarkan tipe rumah seperti misalnya adalah rumah dengan tipe 36 uang mukanya sebesar Rp 10 juta dan tipe 22 sebesar Rp 6 juta.Selain itu, dirinya juga mengusulkan untuk tenor rumah agar diperpanjang sampai 25 tahun misalnya.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares