Browse By

Tips Ciptakan Ruang Keluarga Luas dan Nyaman

Ruang Keluarga Luas (foto:ideaonline)

Ruang Keluarga Luas (foto:ideaonline)

Ruang keluarga memang menjadi salah satu ruang yang pada umumnya berukuran lebih besar atau luas dibandingkan dengan ruangan-ruangan lainnya di dalam rumah. Hal tersebut memang wajar, karena di ruang keluarga menampung banyak aktifitas yang dilakukan seluruh anggota keluarga. Berkumpul bersama keluarga, menonton televisi, tempat bermain anak, dan lain sebagainya.

Tetapi bagaimana jika justru ruang keluarga terasa sempit. Pastinya untuk beraktifitas di dalamnya pun tidak akan nyaman. Ingin tahu caranya agar ruang keluarga terasa lapang? Berikut akan kami ulas mengenai tips dan cara menata ruang keluarga yang ideal agar terasa lebih lapang dan nyaman.

4600desainrumah

Jika di rumah Anda terdapat sebuah sofa, maka aturlah posisi sofa sesuai dengan arah bukaan dan bentuk ruangan. Sebaiknya letakkan sofa di dekat bukaan lebar agar sirkulasi udara lebih lancar. Dengan begitu, ketika seluruh anggota keluarga berkumpul akan terasa lebih nyaman dan tidak sumpek. Anda juga dapat memposisikan sofa ke arah ruangan yang lebih luas agar pandangan mata tidak cepat meluas. Hal tersebut menimbulkan kesan luas bagi setiap orang saat duduk di sofa.

Kemudian pada contoh ruang keluarga yang kami lampirkan berikut terdapat sesuatu yang menarik. Jendela besar tampak menghadap langsung ke arah area terbuka. Jendela tersebut mengadopsi sistem bukaan dengan engsel pivot sehingga hasil bukaan jendela dapat maksimal. Selain itu engsel pivot juga membuat jendela ini tampil anggun.

Kesan luas pada sebuah ruangan juga dipengaruhi tinggi plafon. Meskipun secara ukuran lahan tergolong sempit, tetapi jika plafon tinggi maka dapat menghasilkan kesan lapang karena dimensi secara keseluruhan akan bertambah. Kemudian pada gambar juga terlihat partisi antar ruang menggunakan kolom kayu tidak berupa dinding. Kolom-kolom kayu ini sendiri berfungsi sebagai penegas dan pembatas antar ruang. Hal ini juga termasuk salah satu trik untuk menciptakan kesan luas pada ruangan dengan ukuran yang terbatas. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares