Browse By

Tips dan Cara Merawat Furniture Yang Benar

furniture kayu tampak bersih

Rumah, tentu akan semakin indah dengan berbagai furniture di dalamnya. Baik itu adalah furniture yang digunakan sebagai fungsi utama (primer) maupun sebagai tambahan untuk semakin mempercantik rumah.

Furniture terbuat dari berbagai macam material selain kayu. Bagaimana cara mempertahankan kualitas furniture agar awet dan tetap dalam kondisi yang indah dipandang? Tentu setiap material furniture membutuhkan jenis perawatan yang berbeda. Maka, disini akan kita bahas bersama bagaimana cara merawat furniture yang tepat dari tiap-tiap jenis material di rumah Anda agar awet. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Furnishburnish, Rabu, 17 Juli 2013, berikut adalah cara merawat furniture yang tepat.

4600desainrumah

1. Furniture berbahan kayu
Banyak jenis furniture rumah yang terbuat dari bahan kayu karena dianggap kokoh. Sebenarnya, kayu merupakan jenis material yang paling rentan terhadap berbagai hal seperti goresan, warna mudah pudar, mudah keropos dimakan rayap, dan kerusakan lainnnya. Maka dari itu, diperlukan trik khusus untuk merawat furniture dengan bahan yang satu ini.

Untuk menghindari goresan, jauhkan benda-benda tajam dari furniture berbahan kayu. Kemudian, jika ingin membersihkannya, sebaiknya jangan menggunakan kain basah karena air akan terserap masuk dan dapat menyebabkan furniture menjadi mudah keropos. Cukup gunakan kain kering dan usap secara perlahan pada furniture. Selanjutnya, jangan pernah menaruh gelas berisi air panas ataupun benda lainnya dengan suhu tinggi karena dapat meninggalkan bekas pada furniture berbahan kayu Anda.

2. Furniture berbahan logam
Furniture berbahan logam sangat rentan terhadap karat. Biasanya furniture berbahan logam ini juga digunakan sebagai furniture untuk outdoor (luar rumah) seperti tatakan pot bunga. Untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang baik, maka sebaiknya berikan kanopi sebagai pelindung untuk furniture outdoor Anda dari sinar matahari terik dan juga hujan. Ketika memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, ada baiknya jika untuk sementara masukan furniture tersebut ke dalam rumah. Perawatan lain untuk jenis furniture ini juga dapat dengan cara mengecatnya secara berkala agar tetap sedap dipandang.

3. Furniture berbahan kaca
Biasanya, furniture berbahan kaca ini digunakan sebagai tatakan meja yang dikombinasikan dengan material berbahan kayu maupun logam. Untuk menjaganya tetap awet, sebaiknya ketika meletakan benda panas seperti gelas berisi air panas diberi lapisan atau tatakan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya pecah pada furniture kaca Anda.

4. Furniture berbahan kain
Untuk menjaga furniture ini tetap bersih dari noda, maka pastikan berikan kain pelapis untuk melindungi dari ancaman noda yang siap menghampiri kapanpun. Cara ini cukup tepat diterapkan jika di dalam rumah terdapat anak kecil yang biasanya kurang waspada. Apalagi bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan. Dengan kain pelapis, furniture tetap dalam kondisi bersih dan nyaman untuk digunakan sebagaimana mestinya.
(chy.rj)

Facebook Comments

One thought on “Tips dan Cara Merawat Furniture Yang Benar”

  1. Jual Kavling Tanah Murah says:

    thanks tips nya yah.. sangat berguna sekali nih buat perawatan furniture rumah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares