Browse By

Tips Membeli Furnitur Antik

furnitur antik (foto:kaskus)

furnitur antik (foto:kaskus)

Bagi Anda para pecinta furnitur antik, tampaknya harus membaca ulasan berikut. Kali ini akan kita bahas bersama mengenai tips dalam memilih furnitur antik yang berkualitas. Tentu Anda tidak ingin furnitur kesayangan yang telah dibeli ternyata kualitasnya tidak baik. Jangan hanya tergiur karena tampilan semata, karena terdapat beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

Berikut beberapa tips dalam memilih furnitur antik yang berkualitas:

4600desainrumah

1. Aroma
Faktor pertama yang perlu menjadi pertimbangan yaitu aroma furnitur. Akan lebih baik jika Anda dalam membeli furnitur antik dengan melihatnya sendiri secara langsung, bukan dari iklan online. Aroma yang masih terasa sedap dapat menjadi salah satu indikator bahwa kondisi furnitur masih baik. Tetapi sebaliknya, jika aroma terasa kurang sedap bisa jadi kalau funritur tersebut kualitasnya kurang baik.

2. Asli
Faktor kedua yaitu perhatikan keaslian dari setiap perlengkapan tambahan pada furnitur tersebut seperti engsel, lubang kunci, gagang, dan lain sebagainya. Anda harus memiliki pengetahuan mengenai ciri keaslian dari setiap perlengkapan tambahan tersebut.

3. Kelancaran fungsi
Hal ini terlihat sepele dan banyak orang yang tidak memperhatikannya. Kelancaran fungsi yang dimaksud yaitu bahwa furnitur tersebut masih dapat difungsikan secara normal. Sebagai contoh sebuah lemari, maka Anda dapat mengeceknya dengan membuka dan menutup pintu berulang-ulang. Pastikan bahwa tidak ada kendala dalam fungsi tersebut seperti macet, gesekan antar kayu, dan lain-lain.

4. Keutuhan kayu
Umumnya memang furnitur antik terbuat dari kayu. Jadi Anda harus benar-benar detail dalam memperhatikan setiap sisinya. Pastikan bahwa keseluruhan material kayu dalam kondisi utuh tidak ada retak atau lubang akibat rayap. Selain itu, Anda juga dapat menggerakkan perlahan-lahan furnitur tersebut kesamping kanan dan kiri untuk mengetahui bahwa kondisi kayu dalam keadaan yang kokoh, tidak reyot.

5. Harga
Masalah harga yang sering membuat seseorang mudah tergiur untuk membeli furnitur antik. Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah. Jika semua faktor diatas terpenuhi dengan baik, maka Anda pantas untuk membayarnya dengan harga yang tergolong cukup mahal. Ada satu pengecualian, harga murah kadang memang ditawarkan seorang penjual karena ada hal terdesak dibalik itu seperti butuh uang atau pindah rumah. Jadi, pandai-pandailah menilai kepantasan harga furnitur berdasarkan kondisinya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares