Browse By

Tips Sederhana Membersihkan Cookerhood

Penampilan ruang dapur dapat ditunjang dengan adanya cooker hood. Tetapi, ada satu hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih yaitu pada alat penyedot asap. Bagian ini memang sangat rentan kotor dan bau. Tidak perlu khawatir, berikut tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan cooker hood sendiri.

Sebagaimana Anda ketahui bahwa selama proses memasak berlangsung, asap dan bau akan dikeluarkan melalui cooker hood. Fungsi cooker hood ini sangat penting terutama untuk ruang dapur yang tidak memiliki bukaan yang cukup.

4600desainrumah

Tetapi fungsi cooker hood ini ada masanya akan terganggu akibat terlalu banyak kotoran di dalamnya. Berbagai macam kotoran seperti asap, debu, uap minyak goreng, uap air melewati satu jalur pembuangan. Tentunya cooker hood akan sangat kotor dan bau. Banyaknya kotoran yang menumpuk dapat menurunkan daya hisap cooker hood.

Cooker Hood (foto:tlc-direct)

Cooker Hood (foto:tlc-direct)

Berikut cara sederhana untuk membersihkan cooker hood sendiri di rumah.

  1.  Lepas penutup pada bagian bawah cooker hood.
  2. Buka penjepit filter kawat yang menempel di dalam penutup.
  3. Kemudian bersihkan penutup bagian bawah cooker hood dengan membersihkannya menggunakan sabun. Bersihkan bagian luar dan dalamnya, lalu bilas dengan air bersih.
  4. Setelah itu saatnya untuk melepas filter kedua dan siapkan kuas dan lap. Untuk membersihkan celah-celah sempit yang tidak dapat dijangkau lap, Anda dapat menggunakan kuas. Bersihkan perlahan hingga merata. Akhiri dengan mengelap filter kedua menggunakan lap basah.
  5. Saatnya beralih ke bagian kipas penyedot. Untuk membersihkan bagian ini cukup dengan lap basah dan kuas. Setelah bersih semua, pasang kembali bagian filter dan penutupnya.

Mudah sekali bukan? Rawatlah cooker hood agar fungsinya dapat berjalan dengan baik dan dapur tetap terjaga kenyamanannya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares