Browse By

Vaxjo Raih Penghargaan Sebagai Kota Ramah Lingkungan di Eropa

Vaxjo Swedia (foto:unbc)

Vaxjo Swedia (foto:unbc)

Sebuah kota di wilayah selatan Swedia, Vaxjo mendapat gelar penghargaan sebagai Kota Hijau di Eropa. Penghargaan tersebut diberikan karena Vaxjo berhasil menerapkan penggunaan energi terbarukan untuk kegiatan transportasi.

Informasi yang dikutip dari Inhabitat, Senin, 27 Januari 2014, bahwa kota Vaxjo pada tahun 1970 silam pernah mengembangkan teknologi pemanas dan listrik dengan sistem pemompaan panas yang kemudian dialirkan ke seluruh kota. Kemudian jauh sebelum isu global warming menjadi pembicaraan hangat, pada tahun 1990-an dewan kota telah mengumumkan untuk meninggalkan penggunaan bahan bakar fosil di tahun 2030 mendatang.

4600desainrumah

Dengan begitu dapat mengurangi jumlah emisi karbon dalam waktu 20 tahun ke depan. Disamping itu, pemerintah juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi penggunaan kertas dan lebih mengutamakan mobilitas dengan menggunakan sepeda dan angkutan umum.

Sebagai informasi tambahan, sebuah perusahaan energi di Swedia melaksanakan program peralihan pemanfaatan minyak mentah ke biomassa dengan mengubah sampah hutan menjadi energi bersih. Bahkan, saat ini sebanyak 90 % dari 60.000 penduduk kota Vaxjo mendapatkan energi panas yang berasal dari sisa tanaman dan terbukti mampu memasok sekitar 40 % kebutuhan listrik kota.

Namun begitu, pemerintah Vaxjo masih memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan yaitu untuk mengurangi ketergantungan masyarakat akan penggunaan mobil. Pasalnya, hampir 60 % mayarakat kota Vaxjo memiliki kendaraan pribadi. Kebiasaan seperti inilah yang harus segera dikurangi agar Vaxjo dapat mencapai tujuan sebagai kota yang bebas dari penggunaan bahan bakar fosil.

Johansson selaku anggota dewan kota Vaxjo tetap optimis dapat menggapai tujuan tersebut. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan transportasi umum seperti bus atau sepeda untuk transportasi jarak pendek. Selain itu, SPBU juga telah menyediakan biofuel sehingga hasil emisi CO2 dapat ditekan. Johansson sangat optimis target akan mencapai angka 80 % di tahun 2030 mendatang. (chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares