Browse By

Walhi Menilai Pembangunan Lahan Komersial di Bandung Menyimpan Banyak Masalah

Logo Walhi (Image:antaranews.com)

Logo Walhi (Image:antaranews.com)

Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) Jawa Barat melihat bahwa saat ini di Bandung telah terjadi pembangunan properti yang kian banyak. Para pengembang telah membangun sarana-sarana komersial seperti apartemen, hotel, kondominium, restoran, perumahan megah, pusat perbelanjaan, dan juga sarana komersial lainnya.

Kawasan yang saat ini akan dilakukan beberapa pembangunan dan sedang dalam pembangunan di Bandung sebagai bisnis propert adalah di wilayahn Lapangan Jalan Lodaya dan Gasibu, Ciumbulleuit, Pasirjaya Regol, Rancabentang, sampai Wilayah Bandung Utara.

4600desainrumah

Dadan Ramdan, selaku Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat, mengatakan apabila belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, biasanya kebijakan pembangunan sarana bisnis komersial yang dilakukan menyimpan sejumlah masalah.

Beberapa permasalahan tersebut seperti praktek alih fungsi kawasan lindung dan kawasan resapan air, konflik sosial warga, penggusuran, dan bahkan dapat berujung pada tindakan kriminal yang dilakukan oleh Pemkot Bandung dan juga para pengembang.

Sabtu, 27 Juli 2013, Dadan mengatakan bahwa kedepannya akan terjadi bencana bencana ekologis yang makin nyata di Kota Bandung seiring dengan berkurangnya daya dukung serta daya tampung lingkungan.

Disamping itu, beberapa pembangunan yang dikakukan dapat menimbulkan dampak lain seperti penggusuran warga, meluasnya ancaman konflik sosial, hingga terjadinya banjir di Bandung. Dengan kehadiran sarana komersial yang semakin banyak juga dapat meningkatkan kemacetan, menambah beban polusi udara, meningkatkan emisi karbon, serta dapat meningkatkan suhu. Dadan menyatakan bahwa itu semua tidak seimbang dengan kesejahteraan masyarakat Bandung. (chy.rj)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares