Browse By

Desain Rumah Mungil di Kota yang Panas

Bagikan!

Desain rumah mungil (Foto:dirumahminimalis)

Desain rumah mungil (Foto:dirumahminimalis)

Udara panas yang menyelimuti kota-kota padat saat ini terasa cukup mengganggu kenyaman terutama saat berada di dalam rumah yang notabene berfungsi sebagai tempat beristirahat untuk melepas lelah. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, karena masih ada jalan untuk menciptakan kenyamanan agar udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk. Desain rumah mungil yang satu ini tampaknya bisa Anda tiru agar fungsi rumah dapat kembali berjalan sebagaimana mestinya.

Rumah yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur ini memiliki luas 90 meter persegi. Rata-rata suhu di lingkungan tersebut mencapai 35 derajat celcius, cukup tinggi tentunya. Desain rumah mungil ini cukup mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat banyak bukaan. Selain itu, dinding pembatas dengan rumah sebelah juga diberi jarak dan menjadi sebuah lorong. Tujuan diberikannya lorong tersebut sebagai jalur sirkulasi udara. Dengan begitu, sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lancar karena perputaran udara dari dan ke dalam rumah dapat berlangsung dengan baik.

Desain rumah mungil ini juga cukup cerdik dengan menempatkan ruangan ini di bagian timur. Hal tersebut bertujuan agar cahaya matahari pagi yang menyehatkan dapat masuk ke dalam rumah. Kemudian pada bagian timur rumah juga terdapat lahan terbuka hijau yang didirikan pada sisa lahan seluas 22 meter persegi.

Tiap ruangan di dalam rumah tersebut juga memiliki jendela yang menghadap langsung ke lahan terbuka hijau. Oleh karena itu, tiap ruangan tidak akan terasa pengap. Dengan adanya lahan terbuka hijau juga menawarkan pemandangan rumput hijau yang terhampar luas untuk ruangan di lantai 2.

Untuk memberikan kenyamanan lebih, pada desain rumah mungil ini juga memperhatikan betul mengenai penataannya. Dengan penataan yang sederhana, rumah tidak akan terasa sempit. Pemanfaatan lahan yang efektif, penggunaan furnitur sederhana, dan jumlah sekat yang tidak terlalu banyak akan menunjang kenyamanan di dalam rumah mungil ini.

Sekiranya desain rumah mungil ini dapat dijadikan sebagai contoh terutama bagi Anda yang berencana untuk membangun rumah di kota besar yang padat dengan suhu yang cukup panas. Kelebihan dari desain rumah mungil ini yaitu hemat biayan sehat, dan ramah lingkungan pastinya.(chy.rj)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares