Browse By

Harga Sewa Kamar Hotel Diprediksi Akan Naik Jelang Pemilu 2014

Bagikan!

Hotel Ciputra di Jakarta (Foto:pencarianalamat)

Hotel Ciputra di Jakarta (Foto:pencarianalamat)

Diprediksi bahwa harga sewa hotel di Jakarta akan terus mengalami peningkatan, khususnya untuk hotel bintang 4 dan bintang 5. Kamis, 17 oktober 2013, Arief Rahardjo selaku Head of Research and Advisory Chusman and Wakefield, menjelaskan bahwa di tahun2014 mendatang akan banyak diadakan meeting penting sehubungan dengan politik yang akan terjadi di tahun depan. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi harga sewa hotel.

Selain itu, dirinya juga menambahkan bahwa pada tahun 2014 mendatang akan terjadi pertumbuhan positif atas permintaan kamar hotel seiring dengan meningkatnya jumlah tamu dengan durasi tinggal pendek dan juga menengah.

Meskipun begitu, untuk biaya sewa hotel bintang 3 kebawah juga tidak akan redup karena banyaknya wisatawan yang terus berdatangan. Permintaan utama dari para traveler umumnya yaitu hotel bintang 3. Sama halnya dengan hotel kelas bajet.

Hingga akhir tahun 2013 ini, diperkirakan tingkat hunian keseluruhan pasar hotel di kawasan Jakarta akan mencapai 73%. Dari angka tersebut, kurang lebih sebanyak 60-70% dari tamu hotel bintang 3 sampai hotel bintang 5 yang merupakan kombinasi dari pelancong bisnis domestik, kegiatan MICE, dan juga institusi pemerintah.

Prediksi peningkatan angka kedatangan penumpang sebanyak 15%, kemudian perbaikan jumlah kedatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta volume penumpang domestik, maka pasar hotel di Jakarta akan ikut merasakannya sepanjang tahun ini. Arief juga memprediksi bahwa kenaikan harga sewa kamar hotel yang mencapai Rp 865 ribu akan naik sebesar 11,4%.

Dirinya kembali menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2013 ini terdapat delapan proyek pembangunan hotel di Jakarta oleh operator ternama yang akan beroperasi di pasar hotel bintang 3 sampai bintang 5. Total suplai kamar hotel bertambah sebanyak 2.022 kamar sehingga total pasokan menjadi 28.300 kamar hotel. Hotel berbintang 3 menyumbang sebanyak 26% dari total angka tersebut, hotel bintang 4 sebesar 45%, dan hotel bintang 5 sebesar 29%.(chy.rj)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares