Inilah Biaya Pengurusan SIUJK

Bagikan!

Jika ada yang bertanya, Berapakah besar biaya untuk Pengurusan SIUJK? Kami akan mengulasnya disini untuk para pembaca.
SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi, sangat dibutuhkan untuk menjalankan usaha secara Legal. Dengan memiliki surat izin ini kegiatan usaha yang bisa dilakukan oleh perusahaan yakni meliputi konsultan atau perencana konstruksi, pelaksana konstruksi, hingga keduanya. Besar biaya pengurusan SIUJK sendiri sangatlah beragam.

SIUJK
contoh SIUJK

Permasalahan yang mungkin perusahaan hadapi untuk proses mendapatkan surat izin ini membutuhkan waktu yang boleh dibilang tidak sebentar, bisa mencapai waktu kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Selain itu, ada juga beberapa persyaratan dokumen penting yang perlu dipersiapkan seperti NPWP perusahaan, surat akta perusahaan, surat domisili perusahaan, SK perusahaan, SIUP dan TDP. Dan perlu adanya juga pas foto, KTP dan NPWP pribadi dari direktur dan komisaris perusahaan.

Berapa besar biaya pengurusan SIUJK?

Seperti yang kita lihat dari web konsultanku.com besar biaya mengurus SIUJK juga tergantung dari skala perusahaan yang ingin membuatnya. Perlu pembaca ketahui bahwa IUJK atau Izin Usaha Jasa Konstruksi terbagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut dibawah ini :

  • SIUJK dan IUJK bagi perusahaan jasa perencana & pengawas konstruksi atau konsultan yang dibagi ke dalam golongan kecil hingga besar yakni grade 2 sampai 4.
  • Untuk IUJK untuk perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi atau kontraktor yang dibagi kedalam kategori atau golongan kecil ke besar yakni grade 2 sampai dengan 7.

Jika perusahaan anda masuk dalam kategori ke golongan grade 2, maka modal yang dibutuhkan perusahaan paling tidak sekitar Rp 1 Milyar. Lalu pertanyaannya berapakah besar biaya untuk membuat SIUJK tersebut?

  • Kurang lebih Rp 19.000.000 untuk 1 bidang.
  • Kurang lebih Rp 22.000.000 untuk 2 bidang.
  • Kurang lebih Rp 25.000.000 untuk 3 bidang.

Hal ini berlaku juga untuk perusahaan dengan grade lebih besar misalnya grade 5, perusahaan wajib memerlukan modal paling tidak sebear Rp 1 Milyar rupiah. Perkiraan biaya untuk memperoleh surat izin tersebut yakni sebesar :

  • Kurang lebih Rp 35.000.000 untuk 2 SKA dan 1 bidang.
  • Kurang lebih Rp 40.000.000 untuk 3 SKA dan 2 bidang.
  • Kurang lebih Rp 45.000.000 untuk 4 SKA dan 3 bidang.

Proses mengurus SIUJK Mandiri

Jika pilihan anda tidak menggunakan jasa kepengurusan SIUJK, dan anda ingin mengurus semuanya sendiri, maka inilah beberapa tahap yang perlu dilakukan :

  • Mengurus dan mendapatkan SKA atau Sertifikat Keahlian dan juga SKT  atau Sertifikat Keterampilan untuk tenaga ahli yang akan dipekerjakan.
  • Memiliki sertifikasi badan usaha dan juga pendaftaran anggota asosiasi sesuai dengan bidangnya.
  • Jika SKA/SKT, SBU dan KTA sudah dimiliki, maka anda cukup melengkapi dokumen persyaratan lainnya seperti yang sudah kami jelaskan di atas yakni NPWP, fotokopi TDP, fotokopi KTP dan sebagainya.

Setelah semua berkas dirasa sudah lengkap, maka maka anda perlu mendatangi kantor wilayah. Memang melakukan semua proses ini sangatlah merepotkan dan juga membutuhkan waktu yang tidaklah cepat. Maka dari Itulah ada jasa kepengurusan yang bisa anda sewa seperti konsultanku.com untuk membantu anda lebih praktis dan mudah membuat surat izin tersebut. Dengan menggunakan jasa, justru lebih menghemat waktu dan juga tenaga, selagi anda menunggu SIUJK jadi,  anda bisa mengurus hal lain yang sekiranya juga penting bagi perusahaan.

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *