Masih Diminati, Inilah Kriteria dari Desain Rumah Klasik yang dapat diwujudkan Emporio Architect

Bagikan!

Di tengah popularitas hunian minimalis, rumah bergaya klasik ternyata masih diminati dan menjadi salah satu konsep yang sering ditangani jasa arsitek seperti oleh Emporio Architect. Rumah-rumah yang mengusung desain ini umumnya mengambil gaya arsitektur Yunani dan Romawi kuno. Selain itu, berbeda dari bangunan minimalis, hunian klasik membutuhkan lahan yang lebih luas.

Jika Anda termasuk orang yang menyukai detail dan kemegahan, rumah klasik bisa dipertimbangkan sebagai konsep utama. Adapun kriteria yang sebaiknya Anda pelajari, antara lain:

  • Memiliki desain simetris pada eksterior
Gambar emporioarchitect.com ( Sudah memberikan izin )

Salah satu ciri khas rumah klasik adalah keberadaan elemen atau simbol dekoratif pada bagian luar bangunan. Jasa arsitek yang menangani biasanya akan memanfaatkan pilar-pilar kolom untuk menonjolkan detail tersebut. Kemudian, untuk mengimbanginya, akan ada pintu dan jendela ukuran besar yang dipasang di eksterior rumah. Dengan begitu, komposisi bangunan tampak simetris dan enak dipandang.

  • Desain interior yang kaya akan ukiran khas
Gambar emporioarchitect.com ( Sudah memberikan izin )

Hal menonjol lainnya yang bakal Anda jumpai pada rumah klasik adalah platform tinggi yang memungkinkan Anda memasang ornamen seperti lampu gantung kristal. Untuk mempercantik interior rumah, ukiran khas pun dipasang sebagai mahkota pilar-pilar. Bagian bangunan lain yang dapat dihias dengan ornamen adalah jendela dan pintu. Jasa arsitek biasanya sudah tahu berapa banyak ukiran yang diperlukan agar tak memenuhi interior rumah.

  • Permainan elemen warna pada bangunan

Jenis warna apa yang direkomendasikan untuk rumah bergaya klasik? Kebanyakan hunian dengan desain ini menggunakan warna-warna terang seperti putih, beige, maupun ivory. Sebenarnya, Anda tak perlu menambahkan warna lain untuk menegaskan kesan klasik pada hunian. Namun, kalau Anda ingin memberikan sentuhan elegan dan mewah, cokelat, kuning emas, dan putih keperakan adalah warna-warna yang bisa dimanfaatkan.

  • Pembagian ruangan yang tepat dalam rumah
Gambar emporioarchitect.com ( Sudah memberikan izin )

Rumah dengan model klasik umumnya dibangun di lahan yang melebar ke samping. Dengan begitu, jasa arsitek akan lebih mudah dalam menentukan desain hunian yang proporsional, termasuk saat membagi ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, toilet, hingga dapur. Penataan akan lebih optimal apabila satu ruangan dengan ruangan lainnya dibatasi dinding solid. Kemudian, ada lorong atau koridor panjang yang digunakan sebagai penghubung.

  • Pemakaian material bangunan yang alami

Beberapa material bangunan yang digunakan untuk mendirikan rumah klasik, sebut saja batu alam dan kayu. Kemudian, ada marmer yang sering kali digunakan untuk bahan baku utama lantai yang nantinya dilapisi karpet berbahan nilon atau polyester. Pemakaian material bangunan alami tersebut akan memberikan sentuhan natural pada hunian, sehingga tak terkesan terlalu mewah. Anda pun bakal lebih nyaman menempatinya.

Jika Anda membutuhkan jasa arsitek untuk membahas pembangunan, hubungi Emporio Architect yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

Facebook Comments

Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *