Browse By

Mengatasi Banjir, Jakarta Bisa Mencontoh Vietnam

Bagikan!

Banjir Di Jakarta (foto:ciricara)

Banjir Di Jakarta (foto:ciricara)

Jakarta memang selalu bermasalah dengan banjir. Setiap datang musim hujan, sebagian besar wilayah di kota Jakarta terendam air dengan ketinggian yang bervariasi. Permasalahan ini sudah ditangani dengan berbagai cara namun hasilnya sama sekali tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perubahan.

Tjuk Kuswatojo selaku pengamat tata kota, mengungkapkan bahwa untuk menangani permasalahan banjir ini ada baiknya jika Jakarta belajar dari kota Hanoi, Vietnam.

Informasi yang dilansir dari Okezone, Senin, 13 Januari 2014, Tjuk mengatakan bahwa dahulunya kota Hanoi mengalami permasalahan yang sama dengan Jakarta. Kota tersebut pernah mengalami banjir terparah, tetapi pihak pemerintah langsung sigap mengatasi permasalahan tersebut dengan memperbanyak danau.

Pemerintah Hanoi memang sangat menjaga danau-danau alami untuk mengatasi permasalahan banjir. Bahkan sampai ada hotel yang dibangun di atas danau. Hal tersebut semata-mata karena tidak ingin merusak keberadaan danau alami. Perlu diketahui bahwa kota Hanoi merupakan kota yang dikelilingi oleh sungai dan danau.

Berkaca dari cara Hanoi dalam mengatasi permasalahan banjir, Tjuk mengatakan seharusnya Jakarta bisa seperti itu. Jakarta dulunya juga memiliki banyak danau dan rawa. Tetapi, seiring berjalannya waktu kini keberadaan danau dan rawa sudah tersisihkan berubah menjadi pemukiman dan bangunan.

Tjuk membandingkan danau di Hanoi dan Jakarta. Jika di Hanoi itu danau benar-benar dilestarikan sedangkan danau di Jakarta diubah menjadi mal. Seharusnya danau di Jakarta tetap dipertahankan sebagai tempat mengalirnya air. Selain itu, sistem drainase juga harus dibuat dengan baik. Menurutnya, kondisi banjir di Jakarta sudah termasuk parah.

Apabila dibandingkan dengan banjir yang terjadi di LA memang penyebabnya karena curah hujannya yang ekstrim dan bukan karena sistem drainase yang buruk.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares