Browse By

Pengaruh Orang Superkaya Sangat Penting di Industri Real Estate

Bagikan!

Ilustrasi Industri Real Estate (foto:roryfirks)

Ilustrasi Industri Real Estate (foto:roryfirks)

Tampaknya keberadaan orang-orang superkaya semakin berpengaruh dalam industri properti. Bagaimana tidak, dengan uang yang sangat banyak mereka akan menjadi sumber modal terpenting untuk memenuhi transaksi properti.

Yolande Barnes selaku Direktur Savills, Rabu, 15 Januari 2014, mengatakan bahwa sebagian besar real estat global hanya dikuasai oleh sebagian orang. Namun dalam transaksi yang terjadi, private owners memegang peran yang sangat penting.

Dirinya juga menjelaskan bahwa sejak terjadi krisis ekonomi pada tahun 2008 yang lalu, para pengelola dana, lalu private bank, serta perusahaan keluarga banyak yang melakukan transaksi properti. Sektor tersebut padahal sebelumnya sangat dihindari oleh pihak perbankan.

Dari total nilai industri real estat global sebesar USD 250 triliun, sebanyak 72 % diantaranya atau sekitar USD 180 triliun adalah properti berbentuk residential. Sedangkan 28 % sisanya yaitu properti yang bersifat investable dan ditransaksikan terus secara rutin. Transaksi yang terjadi di tahun 2012 lalu yaitu sebanyak 6.200 transaksi, 35 % diantaranya (sekitar USD 10 juta) terjadi karena peran private funding.

Barnes kembali mengatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir, terdapat kecenderungan pada orang-orang yang superkaya untuk fokus ada safe haven yaitu berupa properti mewah. Untuk kedepannya, pihaknya mengantisipasi apabila sektor tersebut menjadi lebih produktif.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares