Browse By

Perabot Rumah Mengkilap Berkat Tepung Maizena

Bagikan!

Ilustrasi Perabot Rumah Mengkilap (Foto:inforumah)

Ilustrasi Perabot Rumah Mengkilap (Foto:inforumah)

Biasanya orang menggunakan tepung jagung ataupun tepung maizena untuk mengentalkan masakan yag berkuah seperti fla pudding, saus, dan sup. Banyak kegunaan dari tepung maizena, misalnya untuk saus, atau sebagai pengkilap benda perak dan perabot rumah lainnya agar tampak bersih dan mengkilap, bahkan menghilangkan noda minyakpun tepung maizena mampu membantu. Berikut ada beberapa cara dalam menggunakan tepung maizena sebagai alat pembersih yang alami.

1. Sebagai alat Pengkilap Peralatan Perak
Jika Anda memiliki peralatan rumah dengan bahan perak, misalnya alat makan ataupun benda perak yang lain sehingga ingin mengembalikan kecantikan dari kilauannya agar tampak seperti baru, Anda bisa gunakan tepung maizena. Caranya, sebelum Anda gunakan tepung maizena, baiknya Anda membuat tepung jagung terlebih dahulu agar menjadi pasta kemudian campurkan dengan tepung maizena dan air. Setelah itu, oleskan benda perak kesayangan Anda dengan menggunakan kain yang lembut. Diamkan hingga beberapa menit agar menjadi kering, kemudian gosok kembali maka hasil yang di dapat Anda kembali kilau seperti baru.

2. Sebagai Alat Penghilang Noda Minyak
Tentu Anda merasa kesal jika noda minyak yang membandel nempel pada kain. Misalnya celemek masak, serbet, taplak meja, penutup kulkas, penutup rice cooker ataupun kain laiinya yang terkena minyak. Tidak usah khawatir, sebab tepung maizena juga dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini. Caranya, taburi tepung maizena diatas noda yang membandel pada kain, kemudian diamkan selama 10 menit dan kibaskan. Sedangkan untuk membersihkan lemak dari kain, Anda dapat gunakan cuka putih kemudian oleskan pada nodas dan bilas menggunakan sabun cuci biasa.

3. Sebagai Alat Mengkilapkan benda kaca
Selain itu, tepung maizena juga dapat membersihkan alat dapur Anda yang terbuat dari kaca, misalnya piring ataupun alat dapur lainnya, bahkan kaca jendela juga dapat terbantu. Gunakan satu sendok the beserta sabun cair biasa dan tepung maizena kemudian campurkan ke dalam air dengan ukuran cukup banyak. Kemudian gunakan spons untuk membersihkan peralatan kaca, usahakan untuk semua bahan benar-benar tercampur denga rata. Setelah itu bilas hingga kembai bersih. Usahakan untuk selalu menghindari busa dan lap kering untuk membersihkan kaca jendela Anda, jika ingin mendapatkan kaca yang bersinar.

4. Sebagai Alat Penghilang Noda Dari Salep
Jika Anda seringkali menggunakan salep, terkadang menempel pada pakaian yang sedang Anda gunakan. Untuk menghilangkan noda salep pada pakaian, Anda bisa gunakan sendok untuk menghilangkan noda salepnya. Caranya, taburi tepung di daerah yang bernoda kemudiankan selama satu jam agar tepung bekerja dengan sendirinya. Setelah itu, gunakan sikat dan sabun cuci piring untuk membantu menghancurkan lemak, dan selanjutnya bilas menggunakan air dingin. Semoga tips ini berguna bagi anda terutama bagi yang sangat menyukai kebersihan dan menjadikan perabot rumah anda selalu tampil mengkilap. (chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares