Browse By

Pilih Jenis Cat yang Tepat Untuk Dapur

Bagikan!

Ilustrasi Mengecat (foto:okezone)

Ilustrasi Mengecat (foto:okezone)

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih warna untuk ruang dapur. Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan warna yang akan diaplikasikan pada ruang pengolahan makanan ini. Beberapa aspek yang menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan warna yang tepat diantaranya yaitu ukuran ruang, jumlah bukaan, serta tema yang akan dihadirkan.

Ukuran ruang dapur menjadi salah satu unsur yang cukup penting untuk pemilihan warna. Apabila ruangan berukuran cukup kecil, usahakan untuk mengaplikasikan warna-warna cerah untuk sedikit membantu memberikan kesan luas. Karena, warna gelap pada ruangan berukuran kecil akan menambah kesan sempit sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktifitas. Meskipun begitu, dalam memilih warna cerah juga sebaiknya jangan yang terlalu mencolok. Warna terang yang lembut akan memberikan kesan lapang dan menambah kenyamanan.

Selain ukuran ruang, unsur lain yang menjadi pertimbangan yaitu jumlah bukaan di ruang dapur. Warna cerah akan semakin mendukung cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan dari bukaan tersebut. Semakin banyak bukaan juga akan semakin baik karena udara di ruang dapur akan lebih segar dengan sirkulasi yang baik. Warna cerah pada ruang dapur dengan bukaan yang banyak akan membantu menghidupkan suasana.

Kemudian, unsur yang tidak kalah penting dalam pemilihan warna yaitu tema yang akan diaplikasikan pada ruang dapur. Sebagai contoh, tema natural akan lebih cocok dengan warna kehijauan atau coklat. Begitu pula dengan tema-tema lainnya yang harus sesuai agar penerapan tema dapat menghasilkan tampilan yang sempurna.

Ruang dapur sangat rentan terkena berbagai macam jenis kotoran baik berupa cairan seperti saus, kecap, minyak dan kotoran padat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenali jenis cat yang baik untuk ruang dapur agar tidak cepat kotor. Jenis cat yang sangat tepat untuk dapur adalah vinyl silk atau pearl glo dengan hasil akhir setengah mengkilap. Jenis cat tersebut memiliki dasar emulsi terpolimer yang sangat keras dan tahan terhadap goresan dan gosokan. Sehingga untuk menghilangkan kotoran yang menempel, cukup dengan mengelapnya saja.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares