Browse By

Politik Bawa Dampak Untuk Bidang Properti

Percaya atau tidak, harga properti juga ternyata terpengaruh oleh penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat. Setiap mendekati pemilu, harga properti terkena imbasnya khususnya pada perumahan middle-up (menengah ke atas).

Ilustrasi Harga Properti (foto:merdeka)

Ilustrasi Harga Properti (foto:merdeka)

Rabu, 1 Januari 2014 seperti yang dilansir okezone, Mustofa Dwi Putranto selaku ketua HIPMI Depok, membenarkan bahwa tiap memasuki tahun politik baru dapat membawa dampak pada bidang properti. Dirinya menjelaskan bahwa saat ini pihak perbankan masih menunggu gejolak atau dampak ekonomi seperti apa yang akan terjadi (wait and see) apakah akan timbul pergejolakan ekonomi untuk bidang properti seperti suku bunga dan yang lainnya.

4600desainrumah

Pergejolakan ini yaitu terutama pada perumahan kelas menengah ke atas dimana para pihak pengembangnya sering berhubungan dengan pihak perbankan. Memang disebut-sebut bahwa 2014 menjadi tahun politik dimana pada tahun ini akan diselenggarakan pemilihan legislatif dan pemilu presiden. Hal ini disampaikan oleh Abdul Khaer selaku Komisaris PT Griya Bukit Mas yang merupakan salah satu pengembang di Depok.

Dampak pemilu cukup terlihat pada penjualan rumah tipe kluster dengan harga penawaran Rp 500 juta ke atas. Umumnya terjadi penurunan angka penjualan unit rumah dengan tipe tersebut karena diduga banyak konsumen yang mengalihkan dananya untuk keperluan politik.(chy)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares