Browse By

Privasi Tetap Terjaga Dengan Bukaan Lebar di Kamar Mandi

Bagikan!

Kesehatan di kamar mandi akan tercipta dengan adanya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan melalui jendela. Tetapi dengan adanya jendela pada ruang kamar mandi bisa menghilangkan privasi penggunanya. Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusinya adalah dengan menerapkan konsep “horisontal blinds”.

kamar mandi Dengan Pencahayaan Lebar (Foto:ideaonline)

kamar mandi Dengan Pencahayaan Lebar (Foto:ideaonline)

Jika berbicara mengenai cahaya dalam ruang kamar mandi, yang akan muncul di dalam benak adalah sebuah lampu. Tetapi ternyata tidak selamanya lampu menjadi satu-satunya sumber pencahayaan. Ada sumber penerangan lain yang terbukti hemat energi, alami, dan sehat yaitu cahaya matahari. Tidak ada salahnya mengoptimalkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan di dalam kamar mandi. Dengan begitu, bisa membuat lebih hemat penggunaan listrik bukan?

Perlu diketahui, bahwa matahari memiliki unsur colour rendering index (CRI) yang alami dan sangat baik. Cahaya yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat memperlihatkan warna asli dari setiap benda yang diteranginya. Beda halnya dengan lampu seperti lampu sodium contohnya. Benda berwarna biru akan berubah menjadi tampak seperti hijau jika terkena lampu sodium akibat sinar berwarna kekuningan yang dipancarkannya. Jadi, sinar matahari jauh lebih baik bukan?

Tetapi untuk menghadirkan sinar alami dari matahari pada kamar mandi dibutuhkan sebuah media yang transparan untuk. Akan menjadi masalah jika itu harus diaplikasikan pada kamar mandi karena privasi yang dibutuhkan pada ruang ini jauh lebih besar dibandingkan dengan ruang lainnya di rumah. Menggunakan gorden yang terbuat dari kain untuk menutupi bukaan lebar pada kamar mandi juga sepertinya bukan solusi yang tepat karena mudah berjamur jika terkena air.

Oleh karena itu, “horizontal blinds” lah satu-satunya solusi yang sangat tepat untuk memberikan bukaan lebar pada kamar mandi. Karena memang dengan menerapkan konsep ini, ruangan dapat tertutup sempurna dan juga memiliki bentuk yang ringkas. Pemilihan material perlu diperhatikan untuk menghidari bahan yang mudah berjamur karena sifat kamar mandi adalah lebab. Gunakalnah bahan vynil atau plastik yang tidak akan berjamur dan mudah dibersihkan.

Untuk memasukkan cahaya matahari ke kamar mandi, cukup buka kerainya ketika kamar mandi sedang tidak digunakan. Apabila akan menggunakan kamar mandi, Anda cukup menutup kembali kerainya. Meskipun dalam keadaan tertutup, cahaya matahari juga masih dapat masuk ke ruang kamar mandi melalui celah-celah blinds. Dengan begitu, kamar mandi Anda akan semakin sehat dan nyaman digunakan pastinya karena privasi dapat tetap terjaga dengan sempurna.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares