Browse By

Singapura Semangat Ciptakan Kota Ramah Lingkungan, Bagaimana Jakarta?

Bagikan!

Ilustrasi Kota Ramah Lingkungan

Ilustrasi Kota Ramah Lingkungan

Singapura terdaftar sebagai salah satu kota terpadat di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 5 juta jiwa. Hal tersebut yang mendorong Singapura untuk segera berbenah dan menuju green city (ramah lingkungan) yang dapat menjadi inspirasi bagi kota besar lainnya di seluruh dunia.

Informasi yang dilansir dari CNBC, Sabtu, 4 Januari 2014, John Keung selaku CEO Bangunan dan Konstruksi Authority (BCA) Singapura, menjelaskan bahwa ada banyak kota besar di dunia yaitu seperti Jakarta dan Kuala Lumpur. Tingkat urbanisasi di kota-kota besar tersebut sangat tinggi, sehingga dalam waktu cepat atau lambat akan dibutuhkan pembangunan berkelanjutan.

Sebanyak 1.650 bangunan lebih di Singapura didirikan dengan konsep ramah lingkungan sejak tahun 2005 lalu. Pemerintah menargetkan di tahun 2030 mendatang tingkat daur ulang di Singapura mencapai 70% dan sebanyak 80% bangunan sudah memiliki sertifikat green building.

Liu Thai-Ker yang merupakan seorang arsitek mengatakan bahwa kunci untuk mengubah Singapura agar menjadi kota yang ramah lingkungan yaitu dengan melakukan pembangunan yang berkelanjutan.

Dirinya menjelaskan bahwa Singapura memiliki pemerintahan yang baik dan sangat pragmatis. Sehingga dengan banyaknya dukungan, dirinya sangat yakin dapat mengembangkan ide yang baik untuk Singapura. Contohnya yaitu perumahan publik yang tercipta sebagai kota baru bergaya Inggris, tetapi secara substansial yaitu sesuai dengan kebutuhan Asia.

Henry Steed selaku Direktur ICN Design International, menjelaskan bahwa untuk membangun sebuah kota ramah lingkungan dibutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu, diperlukan adanya komitmen yang jelas antara pihak pemerintah kota dengan pengembang.

Dirinya menambahkan bahwa memang biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan kota ramah lingkungan sangat besar, tetapi semua itu akan terbayar dengan dampak baik yang akan dihasilkan bertahun-tahun ke depan.(chy)

Facebook Comments

Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares